Advertisements
abd karim aljufrie

KPU Dan Banwaslu Kota Gorontalo Sosialisasi Tahapan Pilkada Tahun 2024

Image

Reporter : Jazzday 

RGOL.ID (KOTA GORONTALO ) – Pilkada sebentar lagi, untuk itu KPU sebagai instansi penyelenggaraan Pemilu mulai melakukan sosialisasi kepada para Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Gorontalo tentang mekanisme persiapan penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk Pilkada Kota Gorontalo tahun 2024, yang digelar di Hotel Fox, Senin, (06/05/2024).

Dalam diskusinya bersama tim calon independen dan juga jalur Partai Ketua KPU Kota Gorontalo Muhammad Fadli menyampaikan persiapan penyerahan dukungan 5 sampai tanggal 7 kemudian penyerahan dokumen syarat dukungan oleh pasangan calon independen 8 sampai dengan 12 mei 2024.

’’Sesuai PKPU 20 tahun 2020 batas penyerahan dokumen pasangan independen yakni selama 5 hari dengan total KTP sebanyak 14.601 yaitu 10% dari masyarakat Kota Gorontalo”, Kata Fadly.

Sementara itu, Anggota KPU Kota Gorontalo Hairudin Polontalo mengatakan, sampai saat ini KPU Kota Gorontalo masih merujuk dengan Peraturan PKPU yang lama terkait tahapan pencalonan perseorangan, namun dalam waktu dekat KPU RI akan mengumumkan regulasi baru tentang Pencalonan Kepala Daerah jalur independen.

“Kami masih menunggu PKPU terbaru terkait tahapan Pencalonan perseorangan dan kami akan kembali mensosialisaikan ketika PKPU terbaru terbit”, Kata Hairuddin.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Kota Gorontalo Sukrin Saleh Taib dalam paparannya menyampaikan ada 5 potensi pelanggaran Pilkada yang akan ditindaklanjuti Banwaslu Kota Gorontalo.

“Tentu saja sebagai badan pengawasan kami akan menindaklanjuti ketidakabsahan dokumen syarat, petugas verifikasi tidak bersikap netral atau memihak, KPU tidak menindaklanjuti laporan masyarakat, ketidak cermatan dalam verifikasi dan proses administrasi dan faktual tidak dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan “, kata Sukrin

Tinggalkan Komentar

mUNGKIN ANDA LEWATKAN

Scroll to Top