Advertisements
abd karim aljufrie

Perdana! KKD UMGO Terintegrasi dengan MBKM

Image

KAMPUS (RGOL.ID) – Guna mempersiapkan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Dakwah (KKD) tahun 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo) menggelar kegiatan pembekalan KKD di lingkungan kampus UMGO.

Pembekalan KKD berlangsung di Aula LPPM, Gedung Haryono Suyono pada Kamis (16/03/2023), yang diisi dengan berbagai macam materi baik dari unsur pimpinan UMGO, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, pihak LPPM dan lain sebagainya.

Ketua LPPM, Dr. Indri Afriani Yasin, S. Pi, M. Agr, P.hD., dalam sambutannya menyebutkan untuk KKD kali ini sudah terintegrasi dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dimana mahasiswa akan berada di lokasi selama 4 bulan dan akan diakui sebanyak 20 sks.

“Kalian selama 4 bulan akan berada di lapangan, jangan sampai kalian hanya fokus membuat kegiatan-kegiatan yang kebermanfaatannya kurang, tetapi carilah kegiatan-kegiatan produktif bagaimana agar target dan harapan dari pelaksanaan KKD terlaksana dengan baik dan program harapan dari kabupaten bisa tercapai misalnya, pengembangan Edutourism, pengembang potensi-potensi desa itu harus adik-adik perhatikan,” pintanya.

Lanjutnya, ia mengatkan untuk KKD kali ini diikuti oleh 163 peserta yang tersebar di 23 program studi dan akan ditempatkan pada 8 lokasi berbasis zonasi yang didampingi oleh 8 orang pendamping”. Adapun 8 lokasi tersebut yakni :

  1. Lab Lapang UMGO (rintisan eduwisata)
  2. Desa Molingkapoto selatan (Gorut)
  3. Desa Molingkapoto Gorut
  4. Desa Bumibahari- Pohuwato
  5. Desa Torosiaje Laut – Pohuwato
  6. Desa Torosiaje Darat – Pohuwato
  7. Smk Kesehatan Muhamadiyah Randangan
  8. Smk Muhammadiyah Utama Pohuwato

“KKD kali ini merupakan KKD yang spesial karna pertama turunnya Insha Allah saat ramadhan dan Insha Allah penuh di dengan keberkahan adik-adik mahasiswa akan merasakan pengalaman pertama berkumpul bersama teman-teman, bersama masyarakat desa dan berpuasa disana, mungkin bisa sampai berlebaran disana. Ini KKD terintegrasi MBKM pertama kali, memang dalam perjalanannya kami akui nanti akan ada kerikil-kerikil sehingga kami mengharapkan kepada adik-adik sekalian untuk terus berkoordianasi dengan baik,” jelasnya.

Terakhir, Indri meminta kepada mahasiswa untuk menjaga bama baik UMGO selama di lokasi dan selalu menjaga atitude dan tutur kata agar para mahasiswa bisa dihargai oleh masyarakat.

“Di pundak teman-teman ada nama UMGO semoga citra UMGO terpancar dari perilaku teman-teman dan tingkah laku kalian, tolong jaga pola bertutur kata sampai kembali kesini. Insha Allah dengan begitu program kalian bisa berjalan aman, lancar dan sukses dan nama kampus kita terjaga, kebermanfaatannya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat,” harapnya.

Kemudian, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome saat membuka kegiatan tersebut meminta kepada mahasiswa untuk mensosialisasikan UMGO kepada masyarakaat khsususnya Siswa-Siswi yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Sekarang ini sudah penerimaan mahasiswa baru saya berharap sebagai pimpinan carilah mahasiswa sebanyak mungkin untuk kuliah di UMGO. Berikan pemahaman kepada mereka bagaimana kuliah di UMGO dan manfaatnya apa saja, ditambah banyaknya program-program yang ada di UMGO dengan fasilitas yang mendukung,” pintanya.

Dr. Apris berharap kegiatan KKD terintegrasi dengan MBKM ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses dan senantiasi menjaga nama baik almamater.

“Tolong adik-adik mengikuti pembekalan ini dengan baik karena pembekalan karena ini menjadi bekal kalian selama 4 bulan berada di lokasi. Saya harapkan semoga kalian semua sehat dapat menjalankan kegiatan KKD dengan baik dan jangan lupa sambil bekerja kalian juga harus sambil berdakwah,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome, Ketua BPH, Drs. Yusnan J. Ekie., Ketua LPPM, Dr. Indri Afriani Yasin, S. Pi, M. Agr, P.hD., Kepala Pusat Penelitian, Inovasi, Haki dan Publikasi LPPM UMGO, Gilang Ramadhan, Staf LPPM beserta peserta KKD.

Tinggalkan Komentar

mUNGKIN ANDA LEWATKAN

Scroll to Top