Advertisements
abd karim aljufrie

Terjun Praktek Di RSKD Dadi Sulsel, Mahasiswa Ners UMGO Aplikasikan Pengetahuan Keperawatan Jiwa

Image

RGOL.ID – Sebanyak 68 Mahasiswa Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), bertandang ke Makasar dalam rangka Praktik Profesi Ners angkatan XIV stase keperawatan jiwa di RSKD Dadi Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes), Dr Zuriati Muhammad, sebagai bagian dari penguatan keahlian, mahasiswa profesi ners angkatan XIV akan terjun melakukan praktek selama dua minggu di RSKD Dadi Provinsi Sulawesi Selatan.

“Praktek di rumah sakit ini merupakan bagian dari aplikasi praktek keperawatan kejiwaan yang langsung diterapkan kepada pasien. Jadi kegiatan mahasiswa yakni memberikan asuhan keperawatan pada pasien gangguan jiwa dengan berbagai intervensi seperti melakukan Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan, menyusun dan melaksanakan TAK (Terapi Aktivitas Kelompok) pada pasien, di akhir praktek dilaksanakan seminar kasus keperawatan jiwa,” jelas Dr. Zuriati saat diwawancarai via Whatsapp, Selasa (21/2/2023).

Harapannya mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kelas, khususnya praktek keperawatan jiwa kepada pasien langsung. Selain itu mahasiswa juga dituntut mampu mengenal dan melakukan tindakan-tindakan yang urgent dan terencana kepada pasien keperawatan jiwa.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi target capaian stase keperawatan Jiwa yang dilaksanakan sesuai sasaran sehingga diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan asuhan keperawatan kesahatan jiwa langsung pada pasien ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) baik dari cara melakukan pengkajian pada pasien dengan gangguan jiwa hingga melakukan evaluasi tindakan keperawatan yang telah dilakukan kepada pasien ODGJ (orang dengan gangguan jiwa)”, tutupnya. (rg-63)

Tinggalkan Komentar

mUNGKIN ANDA LEWATKAN

Scroll to Top